Down Payment DP Mobil Nol Persen untuk Armada Uber

Rencana Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memangkas uang muka atau down payment  (DP) menjadi nol persen punya sisi negatif dan positif. Sebagaimana dikutip dari viva.co.id

Rencananya, kebijakan tersebut dibuat untuk menstimulan daya beli masyarakat
untuk kendaraan, agar Industri otomotif kembali naik.

Namun tak dipungkiri, kebijakan ini juga sedikit menyusahkan beberapa perusahaan pembayaran. Apabila rencana kebijakan tersebut jadi diterapkan bulan september  nanti, akan semakin membuat risiko multifinance lebih tinggi karena konsumen akan  semakin mudah mengambil kendaraan dan rentan terhadap resiko.

Pertanyaannya apakah pelaksanaannya akan seperti itu? Karena sampai saat ini-pun driver bisa mendapatkan kendaraan dengan DP serendah 5jt. Jadi sebenarnya resiko sudah ada dari dulu, jauh sebelum rencana OJK untuk memberlakukan DP nol persen.

Bedanya saat ini dengan adanya trick cash-back yang umum diberlakukan oleh dealer dan perusahaan finance, secara logika bodohnya apabila yang tadinya dengan aturan DP saja DP hanya 5jt maka dengan aturan DP nol persen, bisa jadi debitur bukan hanya tidak perlu bayar DP malah bisa2 dapat cashback belasan juta.  Kalau ini betul bisa terjadi, maka selain driver bisa dapat kredit mobil tanpa DP, masih dapat cashback pula buat modal operasional bulan-bulan awal.

Ngu-Uber on!


berhemat