Bagaimana Cara Mendapatkan Rating 5-Star Dari Penumpang?

UberIndonesia dalam channel youtubenya telah memberikan video tutorial yang saya sertakan diatas mengenai bagaimana cara-nya mendapat rating bintang 5 (lima) dari rider.

Seperti yang telah disampaikan pada saat training, untuk setiap selesai trip maka
driver akan diminta memberikan rating rider dan rider akan memberikan rating pada driver.

Berdasarkan tips dari Uber, untuk mendapatkan rating bintang 5 maka driver harus seperti ini:
1. Pakaian rapih, mobil bersih
2. Cepat jawab panggilan, paham lokasi penjemputan
3. Bukakan pintu jika memungkinkan
4. Kenali konsumen: apakah dia ingin lewat jalan tikus atau jalan utama?
5. Setir dengan enak, sabar, legowo
6. Ramah tamah dan komunikasi jelas
7. Kenali rute perjalanan

Masalahnya adalah tidak semua rider familiar dengan sistem rating seperti ini dan tidak paham bahwa layanan yang baik itu mestinya diberikan 5 bintang bukan 3 bintang. Hal ini disebabkan oleh pandangan umum bahwa kesempurnaan adalah mutlak milik Tuhan dan manusia cukup dapat maksimal 4 bintang saja.

Selain itu juga ada yang namanya potensi miskomunikasi (kalau ridernya orang asing atau luar kota) yang kadang-kadang terlalu curiga dibawa muter-muter atau memang sudah niat gak mau bayar.

Jadi intinya adalah sebagai driver hanya bisa mencoba memberikan yang terbaik yang bisa dilakukan ditengah-tengah kemacetan Jakarta yang membuat stress dan berbagai macam latar belakang rider yang masing-masing juga memiliki masalahnya sendiri.

Rating bintang lima bukanlah mutlak akibat dari pihak driver sendiri melainkan banyak faktor yang lain seperti keberuntungan, serendipity, latar belakang rider, situasi kemacetan, cuaca, dan apakah pas tanggal muda/tua.

Oleh karena itu setiap kali nguber, mulailah dengan berdoa dan tersenyum, berharap yang terbaik. Uber On!


berhemat