Layanan UberPOOL di Jakarta

uberpool

UberPOOL adalah sebuah fasilitas baru yang disediakan oleh Uber dimana rider dapat memilih untuk berbagi tumpangan kepada rider uber lain yang searah. Uber akan secara otomatis menghitung dan mencocokan 2 (dua) request UberPOOL yang searah dimana tambahan waktu (apabila dibandingkan dengan tidak berbagi tumpangan) hanya 5 menit atau kurang. Karena terdapat 2 (dua) request untuk 1 trip UberPOOL, maka masing-masing rider hanya bisa berdua sehingga total rider dalam satu kendaraan maksimal 4 penumpang.

Misalnya begini:

Ana bersama temannya Natasha ingin menggunakan Uber dari Pondok Indah Mall menuju Pacific Place

Joni ingin menggunakan Uber dari Wisma Pondok Indah menuju Energy Building di SCBD.

Pada saat Ana maupun Joni hendak request Uber, ternyata ada pilihan baru yaitu UberPOOL. UberPOOL memungkinkan rider untuk berbagi tumpangan yang searah. Apabila Ana maupun Joni tidak mau berbagi tumpangan, maka bisa request seperti biasa. Namun apabila mereka masing-masing tidak keberatan untuk berbagi tumpangan, mereka bisa memilih UberPOOL dan mendapatkan 25% discount dari harga normal apabila mereka tidak berbagi tumpangan.

Karena Ana hanya berdua dan Joni hanya sendirian, mereka berpikir lebih baik menggunakan UberPOOL selain menghemat biaya 25% juga dapat membantu mengurangi kemacetan.

Akhirnya datanglah Uber menjemput Ana dan Natasha di PI Mall, lalu menjemput Joni di Wisma PI dan kemudian Uber membawa mereka ke SCBD, menurunkan Joni di Energy Building dan akhirnya Ana dan Natasha di Pacific Place.

Yang perlu diperhatikan saat memilih Opsi UberPOOL:
1. Pastikan anda hanya sendiri atau paling banyak berdua
2. Harus siap di lokasi penjemputan karena driver hanya akan menunggu 2 menit.
3. Karena berbagi tumpangan, maka anda tidak bisa mampir-mampir atau mengubah tujuan.

Nah sekarang tentunya akan ada pertanyaan, apa untungnya bagi driver dengan adanya UberPOOL?
Keuntunganya adalah:
1. Kalau 2 trip yang berbeda, antara selesai trip pertama dan mulai trip kedua argo tidak jalan. UberPOOL ini kan sebenarnya 2 trip tapi jadi satu, jadi argo start pada saat jemputan pertama sampai drop off terakhir.
2. Karena discount hanya 25%, maka meskipun UberPOOL menyatukan 2 trip jadi 1, argo dihitung senilai 1,5 trip – padahal biaya bensin, waktu, capeknya 1 trip

Contoh:
Satu trip PI ke SCBD sekitar Rp24 ribu
UberPOOL menyatukan 2 trip yang masing2 discount 25% jadi Rp18ribu dikalikan 2 = Rp36 ribu.
Biaya semua sama dengan 1 trip tapi argo senilai 1,5 trip.

berhemat