Apa itu Satgas Uber dan Apakah Saya Harus Khawatir Ditangkap Satgas Uber?

Saat ini telah dibentuk satuan tugas gabungan (satgas gabungan) Polisi, Dishub DKI dan TNI untuk menertibkan kendaraan umum berplat hitam di Jakarta.

Hal ini menjadi meresahkan pengemudi Uber karena kalau sebelum-sebelumnya setiap kali ada penertiban yang ditahan hanya kendaraan saja, saat ini ancaman dari Satgas adalah bahwa pengemudinya akan ditangkap dan ditahan.

Hal ini menjadi membingungkan saat membaca bahwa Satgas akan menangkap dan menahan pengemudi Uber, karena sesuai dengan UU yang berlaku penahanan hanya dapat dilakukan apabila dikhawatirkan tiga hal:

  1. Melarikan diri
  2. Menghilangkan barang bukti
  3. Mengulang tindakan kriminal yang sama

Dan ybs melakukan tindak pidana yang diancam hukuman diatas 5 tahun penjara (Kecuali Penipuan dan Penggelapan)

Tapi terlepas dari hal ini, memang perlu ada jaminan dan tindakan nyata dari Uber untuk menyelesaikan permasalahan ini demi kenyamanan dan kepastian para mitra dan driver Uber.

Mudah mudahan ada solusi yang baik dengan adanya goodwill dari Pihak Uber untuk mengurus legalitas PMA nya di Indonesia serta keterbukaan Pemerintah untuk mengakomodir payung legalitas model bisnis ride-sharing seperti Uber, Grabcar, Gojek dan Grabbike demi kenyamanan dan keamanan transportasi bagi masyarakat.


berhemat